Bagaimana Cara Agar Cepat Hamil Setelah Melepas Alat Kontrasepsi?

cara cepat hamil setelah lepas kontrasepsiSetelah anak pertama mulai berumur 3-5 tahun, biasanya pasangan yang sebelumnya memilih untuk menunda kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi mulai memikirkan untuk menambah anak lagi untuk melengkapi kebahagiaan keluarga kecil mereka. Namun seringkali yang terjadi tidaklah sesimpel melepas/berhenti menggunakan alat kontrasepsi lalu kemudian dapat segera hamil kembali. Sebagian ibu/calon ibu mengeluh bahwa mereka mengalami kesulitan untuk hamil setelah berhenti memakai alat kontrasepsi. Oleh sebab itu, umum ditemui pertanyaan seperti “tau ga sih cara cepat hamil setelah lepas kb iud?” atau misalnya “saya ingin tahu nih bagaimana cara cepat hamil setelah berhenti menggunakan kb suntik?” dan berbagai pertanyaan sejenis lainnya.

Untuk itu dalam artikel kali ini mari kita bahas sedikit mengenai masalah tersebut dan tentu saja tips agar cepat hamil setelah melepas/stop menggunakan alat kontrasepsi.

Klik disini untuk mendapatkan panduan lengkap cara agar cepat hamil. Telah terbukti mampu menolong banyak sekali wanita yang ingin segera mendapatkan momongan.

Kondisi hormon yang terganggu.

Tentu anda sudah pernah mendengar dari dokter kandungan anda bahwa pemakaian alat kontrasepsi seperti pil KB dan KB suntik akan mempengaruhi kondisi hormon pada wanita. Tujuannya tentu saja untuk memanipulasi kondisi seorang wanita agar bisa selalu dalam masa “tidak subur” untuk mencegah terjadinya kehamilan. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan ketidaksuburan dan anda dapat menunda kehamilan untuk jangka waktu tertentu.

Alat kontrasepsi hormonal semacam ini akan tersimpan dalam lemak tubuh dan tentu saja akan masih tersisa di dalam darah seorang wanita tersebut, sekalipun ia telah berhenti menggunakan alat kontrasepsi tersebut. Bahkan terkadang hingga jangka waktu 3 bulan pun masih berpengaruh yang tentu saja berefek samping berupa ketidakmampuan untuk hamil untuk sementara waktu. Namun anda janganlah kuatir karena hal ini dapat diatasi.

Ingin cepat hamil setelah KB?

Melanjutkan pembahasan dalam paragraf diatas, keseimbangan hormonal dapat segera terjadi namun jangka waktunya sangat situasional sekali. Tidak akan sama antara wanita satu dengan yang lainnya. Hal yang perlu anda lakukan bersama pasangan tentu saja adalah bersabar dan selalu berusaha. Khusus bagi anda yang menggunakan IUD, kemungkinan anda akan lebih cepat hamil dibanding dengan wanita yang menggunakan alat KB hormonal.

Beberapa tips dibawah kami harap akan membantu anda yang sedang mencari cara untuk lekas hamil setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi :

Istirahatkan “program KB” anda

Rileks lah sejenak. Jangan terlalu terbebani untuk segera hamil kembali. Sangat disarankan bagi wanita yang menggunakan KB hormonal untuk tidak terus menerus menggunakannya (dalam jangka waktu yang sangat lama), karena itu akan menekan kelenjar penghasil hormon yang disebut dengan kelenjar endokrin. Beri jeda misal untuk sebulan atau 2 bulan setelah jangka waktu pemakaian setahun. Dalam masa itu anda dapat mencoba menggunakan tehnik kontrasepsi non hormonal seperti menggunakan kondom atau spiral. Dengan demikian, kelenjar endokrin anda masih memiliki ruang kembali untuk beraktivitas seperti biasa.

Hidup sehat

Tips klise namun sangat sangat bermanfaat bila anda ingin lekas segera hamil. Selalu jauhi asap rokok dan minum-minuman keras. Komsumsi selalu makanan yang sehat dan rutinlah berolahraga, namun juga jangan terlalu berlebihan.

Jauhkan stress dari hidup anda

Mungkin tidak akan bisa 100% namun berusahalah. Beri diri anda kenyamanan demi program hamil anda yang berikutnya. Bersantailah bersama keluarga atau mengunjungi tempat yang anda sukai. Melakukan hobi yang anda gemari mungkin juga dapat membantu. Diharapkan siklus menstruasi anda akan teratur dan tentu saja hormon dalam tubuh anda akan semibang dan tidak terganggu lagi.

Konsultasi dengan dokter anda

Selalu berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan saran dan penanganan yang paling tepat yang sesuai dengan kondisi anda.

Efek alat kontrasepsi sangat situasional dan sangat mungkin berbeda antara wanita satu dengan yang lainnya. Tidak usah membandingkan diri dengan orang lain dan jangan merasa terbebani bila belum segera hamil. Umumnya dalam waktu setahun sejak berhenti menggunakan alat kontrasepsi maka hormon akan kembali normal dan anda pun telah siap untuk hamil lagi.

Untuk panduan yang lebih lengkap dan detil, silahkan baca panduan ini. Sangat direkomendasikan.

Akhir kata, selamat berusaha dan semoga berhasil lekas hamil kembali 😀

Comments

  1. Kenapa saya setelah lepas seporal slma 2thn blm jg hamil dok

Trackbacks

  1. […] bahasan pada artikel sebelumnya tentang cara agar cepat hamil setelah melepas alat kontrasepsi, pada artikel ini kami akan mencoba membahas beberapa hal yang penting untuk diperhatikan bila anda […]

Speak Your Mind

*